Wednesday, November 26, 2014

Siap Jas Hujan Sebelum Bermotor



Musim hujan sudah masuk Palembang beberapa hari terakhir ini. Hampir setiap sore dan malam hujan turun membasahi Palembang. Kabut asap yang selama musim kemarau kini telah hilang seiring intensitas hujan meningkat.

Musim penghujan mungkin sudah dinantikan banyak orang di Palembang. Tentu saja karena kabut asap yang selama musim kemarau kemarin sangat mengganggu pernafasan, sekarang syukur Alhamdulillah hilang diganti udara yang bersih dari asap.

Namun musim penghujan ini harus waspada. Karena intensitas hujan yang lama biasanya menyebabkan banjir di beberapa daerah. Apalagi di daerah yang kurang baik pembuangan aliran airnya (di kali dan selokan).

Hujan yang terkadang tidak kenal waktu, bisa datangnya pagi, siang, sore atau malam, sudah menjadi keharusan menyimpan jas hujan bagi pengendara motor. 

Saya juga selalu siap dengan jas hujan di motor. Sudah beberapa kali hujan saat saya berada di luar dan mengendarai motor. Jas hujan saya kenakan ini cukup membantu kelancaran perjalanan meskipun hujan turun. 

Namun pernah suatu hari hujan sangat lebat dan angin kencang, sehingga saya memilih mencari tempat teduh. Saya khawatir kena angin kencang dan membahayakan keselamatan perjalanan saya.

Jadi alangkah baiknya sedia payung sebelum hujan turun. Sedia jas hujan di motor sebelum hujan turun.

________
*Foto ilustrasi: Banjir akibat intensitas hujan tinggi di depan SMA Kusuma Bangsa, Palembang, 2013 lalu.

No comments: