Tuesday, November 11, 2014

Kemacetan Membuat Pengendara Menjadi Tidak Disiplin




Sering kali kemacetan lalu lintas membuat pengendara kendaraan bermotor menjadi tidak disiplin. Kebanyakan adalah pengendara sepeda motor. Memang di saat kemacetan lalu lintas, pengendara sepeda motor sering kali mencari jalur kosong yang masih bisa dilewatinya. Terkadang memang mereka melakukan teknik zig-zag.

Saya yang biasanya sehari-hari mengendarai sepeda motor, agaknya setiap menemui kemacetan lalu lintas selalu berupaya mencari celah-celah jalur yang bisa dilalui. Sementara mobil-mobil mengantri dengan tertib. Itulah perbedaan sepeda motor dengan mobil.

Nah yang terjadi di ruas jalan dari Jembatan Ampera menuju Jakabaring akhir pekan lalu (9/11), tampak ramai dan macetnya kendaraan bermotor seperti diberitakan di sini. Belum lagi proyek Flyover yang belum selesai dan tuntas ini, sering kali kemacetan terjadi di sini.

Memang saat itu saya melewati jalan tersebut, arah sebeliknya kemacetan lalu lintas dari arah Jembatan Ampera menuju Jakabaring. Pengendara sepeda motor yang tidak sabar memutar arah yang jauh, biasanya mencari celah median/pemisah jalan yang sudah dipagari untuk ditembus dengan paksa. Ya begitulah perilaku pengendara sepeda motor yang kurang sabar. Apa pun dilakukan demi kecepatan dan kepraktisan berkendara tanpa memperdulikan kerusakan dan kedisiplinan berlalu lintas.


*sumber gambar screen shot sripoku.com

No comments: