Friday, November 07, 2014

Aplikasi Berat Android dan Boros Baterai




Smartphone berbasis Android memiliki keleluasaan dalam memilih aplikasi yang disukai masing-masing pengguna. Salah satu aplikasi gratis yang populer dan menempati urutan teratas adalah Facebook.

Namun saya justru tidak menggunakan aplikasi Facebook di smartphone saya. Awalnya saya mengunduh dan mencoba aplikasi ini hanya beberapa jam. Kemudian saya cabut aplikasi Facebook karena saya pikir cukup besar size-nya. Selain itu aplikasi ini "makan" memori dan membuat baterai cepat habis (boros).

Menurut berita ini, ada 10 aplikasi android yang rakus baterai dan data. Path, sosial media yang cukup populer setelah Facebook. Saya menginstal aplikasi ini di smartphone saya. Belakangan saya menyadari bahwa Path cukup berat dan lama menampilkan seluruh status/posting pertemanan saya di Path. Ternyata Path ini menguras memori, data dan bikin boros baterai juga.

Meskipun demikian, saya tetap mempertahankan aplikasi Path di smartphone saya. Soalnya Path tidak bisa dibuka via web (memang ngga ada kan?). Kalau Facebook masih bisa dibuka via web dan cukup ringan dengan aplikasi Opera mini.

*sumber gambar dari sini

No comments: