Thursday, July 20, 2006

Pulang Kampung Kena Gempa


Pagi tadi, sekitar jam delapan, Rieke (foto: berjilbab hitam) menelpon saya. Ia tanya tentang kabar di sini, dan tentu saja perkembangan majalah yang masih sedang proses lay out di komputer redaksi. Sudah hampir dua minggu dia ada di Serang. Katanya, ia sedang rehat. Saya memakluminya. Mungkin cewek yang punya nama lengkap Rieke Pernama Sari ini, sangat kangen dengan keluarganya di sana.

Rieke cerita kepada saya, kejadian gempa yang getarannya sampai ke tempatnya, Serang Banten. Katanya, getaran gempa cukup kuat dan membuatnya panik. Saya mendengar ceritanya dari seberang telepon dan mencoba membayanginya dengan kepanikan warga di tayangan televisi. “Getarannya tuh katanya sekitar 6 skala Richter. Pokoknya lebih lama dari yang di Lampung. Di Lampung kena gempa, eh gw pulang kampung sama juga,”kata Rieke.

Setelah gempa disusul dengan Tsunami yang terjadi di selatan Jawa ketika hari senin kemarin, rabu kemarin (19/7), gempa dengan kekuatan 6,2 skala Richter terjadi lagi sekitar Pukul 17.57 dan bergetar selama 30 detik. Ini lebih lama dari yang sering saya alami di sini, Bandarlampung. Lokasi pusat gempa berada di Selat Sunda dan sempat menggetarkan kota Jakarta. Di Bandarlampung, saya baca di koran hari ini, warga di Teluk Betung panik. Daerah Teluk Betung memang terletak di daerah paling dekat dengan pantai. Wajar saja warga sangat panik melihat sebelumnya tsunami di selatan Jawa.

Saya punya kekhawatiran, pusat gempa mungkin akan terus mengarah ke Sumatera hingga Aceh. Itu hanya dugaan saya saja, karena melihat gejala akhir-akhir ini terjadi di selatan Jawa dan sampai ke Selat Sunda. Terdekat mungkin pesisir Lampung Barat. Karena tahun 1994, di daerah itu pernah terkena gempa sampai 6,5 skala Richter. Wajar saja warga sangat khawatir dan panik. Mudah-mudahan keadaan ini segera pulih.

1 comment:

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.