Friday, July 07, 2006

Oeloem Punya Murai Batu

Dulu ketika saya kecil, kira-kira usia SD, Ayah saya sangat hobi memelihara macam-macam burung hias. Sangat bagus warna burung-burung itu, seperti: Murai Batu, Cucak Rowo, Beo, Hwa Mei, Merpati, Dara, Puter, dan lain-lainnya.

Jumlah pastinya peliharaan burung-burung itu, saya lupa berapa banyak. Cukup banyak dan menyesaki di teras dan dekat garasi mobil. Terkadang, saya kesal sekali ketika semua burung di dalam sangkar itu berteriak-teriak. Suaranya bisa sampai terdengat tetangga di dekat rumah. Tapi, saya salut dengan hobi Ayah saya itu. Kalau dinikmati suara masing-masing burung itu, merdu sekali. Apalagi di saat ingin melepaskan penat dan stres.

Baru-baru ini, teman satu kost saya, Oeloem (panggilan teman2,red), membeli seekor Murai Batu. Cantik sekali. Kata Oeloem, Murai Batu itu dia beli di Pasar Koga, jaraknya sekitar empat kilometer dari kostan kita.

Murai Batu itu, oleh Oeloem, dimasukkan dalam sangkar yang bagus dan ditenggerkan persis di depan kostan saya, lantai dua. Ketika pertama kali melihat Murai Batu itu, saya kira itu milik bapak kost. Saat Oeloem sedang santai duduk di koridor depan, dia bilang burung Murai Batu itu miliknya sambil tertawa kecil. Sempat tidak percaya, tapi yah saya percaya sajalah.

Oeloem, yang juga teman satu angkatan dengan saya, tapi dia di Manajemen Hutan FP Unila, terus tidak henti-hentinya memperhatikan Murai Batunya ketika saya baru tiba di kostan. Dengan bercelana pendek dan bertelanjang dada, sambil duduk dia memandangi Murai Batu. Katanya, burung yang baru dia beli itu tidak punya suara alias bisu. Spontan saja saya tertawa mendengarnya. Masak beli burung, tapi ngga punya suara. Hehe...

Jack, teman kita yang sering mampir di kostan kita justru bilang begini,"Dicabut aja bulunya, biar nanti bisa bersuara bagus," kata Jack. "Hahaha..." tawa kita semua. Saya pikir ngga ada hubungannya bulu burung itu dicabut dengan nanti bersuara bagus. Kata Jack, mungkin Murai Batu itu masih muda. Belum terbiasa bersuara kali, pikir saya.

2 comments:

Carsotomotifonline said...

yang mau jual atau informasi murai batu silahkan disini http://www.facebook.com/pages/Murai-Batu/176097489080008

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.