Monday, February 25, 2008

Setting IP Baru untuk UKM

Kira-kira sudah hampir dua minggu ini sejak memasang kabel UTP untuk seluruh UKM di Gedung PKM Unila, baru terlaksana memberikan nomor IP kepada mereka masing-masing. Tadi siang (Senin, 25/2), saya baru menyempatkan ke Graha Saidatul Fitria (nama dari kesekretariatan Teknokra Unila untuk mengenang jasa-jasa Saidatul Fitiria Alm, fotografer Teknokra).

Rencananya semua UKM harus sudah saya pasang nomor IP-nya agar mereka mendapatkan akses internet dari masing-masing UKM-nya. Namun, tadi baru UKM Pramuka saja yang telah saya pasang. Satu lagi, BEM Unila yang menempati di lantai dua sudah saya pasang nomor IP-nya meskipun sudah sore dan koneksi ke rektorat sudah mati.

Pemasangan di UKM Pramuka tidak begitu sulit. Mereka menggunakan laptop untuk koneksi internetnya. Utak-atik di properties, lalu isi nomor IP, gateway, dns dan sebagainya sukses. Coba memasukkan login dan password proxy Unila menggunakan milik redaksi sukses juga dan telah dicoba mengakses ke beberapa website.

Ya, besok rencananya memasang nomor IP yang belum selesai. Untung saja Edy Prasetyo, Pemimpin Umum UKPM Teknokra mau menemani saya memasang di dua kesekretariatan rekan-rekan UKM di Gedung PKM Unila. Yang belum terpasang, sabar ya. Terutama untuk DPM Unila kabelnya belum dipasang RJ-45, nanti segera dipasang.

4 comments:

inda_ardani said...

wah kalo gitu sekalian nanya kali aja mas eriek tahu, ip address yg lebih dari satu untuk satu penyedia layanan (contohnya dalam hal ini: unila) itu gunanya buat apa ya mas? apa biar nggak traffic gitu?

dKazuma Sez said...

Lam kenal.. kayaknya cinta banget ama Unila yak? Blognya isinya soal Unila, Unila dan Unila :P

Eriek said...

@inda_ardani: iya, IP itu gak boleh ada yang sama untuk setiap UKM. jadi, masing-masing sudah ada nomor IP-nya. Hari ini rencananya mau pasang IP mereka. kok lupa terus ya? hehe.. :D

@DKazuma: salam kenal kembali. terima kasih telah membaca blog saya. ya, kalau dibilang cinta banget dengan Unila, biasa-biasa saja kok. Sebagai alamamater kampus saya, ada tanggungjawab moral untuk memajukan kampus saya ini. Hehehe... :)

Anonymous said...

eheemm...ini critanya ttg pemasangan apaan sih??wireless gitu??ga mudeng euy..hehehe ;)