Wednesday, February 24, 2016

Apa Motivasi Menulis Blog?


Sekitar tahun 2007 lalu, blog "memboming" di Indonesia. Diadakannya Pesta Blogger pada 27 Oktober 2007, menjadi momen sejarah sekaligus ditetapkannya Hari Blogger Nasional. Sejak saat itu, muncul banyak blogger (penulis blog). Blog menjadi tren dan konten blog pun beragam, mulai dari sekedar curhat sehari-hari, sampai promosi barang dan jasa.

Sekarang tren blog tak setenar dulu. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain-lain, lebih tren akhir-akhir ini. Mungkin media sosial lebih mudah dan praktis dari pada menulis blog yang membutuhkan waktu lama. Anda punya pendapat lain?


Sejak media sosial Facebook, Twitter, Path dan Instagram belum populer, saya sudah lama menulis di blog sejak tahun 2004-2005. Kadang-kadang rajin setiap bulan menulis blog. Namun, tak lama kemudian pelan-pelan jadi malas menulis blog. 

Bagi blogger yang membeli hosting dan domain sendiri, tapi jarang diisi blog-nya, itu sayang sekali. Kalau setahun sudah habis masa sewa hosting dan domain, kadang lupa memperpanjangnya ke pihak penyedia hosting dan domain. Tapi bagi blogger yang memilih blog gratis, tentu blog-nya akan tetap ada walaupun tidak pernah diisi bertahun-tahun. Asalkan masih ingat nama akun dan password-nya.

Nah sekarang di era sosial media, apa motivasi Anda masih atau mulai menulis blog? Kalau saya menulis blog masih sebagai hobi. Belum menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Kalau di KTP, bisa dicantumkan pekerjaan: Blogger. Keren ya!?

---
credit photo: shutterstock.com

6 comments:

Anonymous said...

Eh udah hosting pribadi.

Baru berkunjung ke sini. Sama juga saya sudah vakum 1 tahunan karena akses internetnya saya kurang. Sekarang mau diaktifkan kembali.

Motivasi? Biar femes kembali haha...

OBAT HERBAL KISTA BARTHOLIN said...

selamat siang gan,
salam kenal, blogger baru nih,
ijin berkomentar yaa, hehe...
semoga artikelnya bermanfaat dan blognya bisa maju terus, okeh.

Cara Membersihkan Rahim Tanpa Kuret said...

halo gan, ijin berkunjung dan berkomentar nih,
semoga bermanfaat ya,

cara mengobati penyakit secara alami said...

terimakasih atas informasinya salam sehat dari toko zahra herbal..
ditunggu kunjungan baliknya

pengobatan penyakit secara alami said...

Terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua, salam sehat selalu dari Toko Zahra herbal

Anonymous said...

Info yang bermanfaat bos


Tulisan Nanda