Wednesday, July 02, 2008

Selamat Menempuh Ujian SNMPTN 2008

Tepat hari ini dan besok, (Selasa-Rabu, 2-3/7), para calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang tersebar di seluruh Indonesia, sedang mengikuti ujian seleksi. Persaingan masuk ke PTN dari tahun ke tahun semakin ketat. Tak mudah. Para calon harus mempersiapkan diri seperti layaknya seorang tentara mempersiapkan segala peralatan perang sebelum terjun ke medan perang. Hidup atau mati.

Di Lampung misalnya, panitia lokal SNMPTN Unila menyebutkan terdapat peningkatan sebanyak 11,5 persen jumlah calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN, seperti dikutip dari Lampung Post (Selasa, 1/7). Sehingga tahun ini diikuti sebanyak 14.169 orang. Sedangkan tahun kemarin diikuti sebanyak 12.537 orang.

Melihat angka yang cukup meningkat tersebut, semakin memperlihatkan kepada kita bahwa minat calon-calon mahasiswa itu ingin melanjutkan ke PTN semakin tinggi. Apakah meningkat jumlah peminat diimbangi dengan meningkatnya jumlah kursi daya tampung di PTN juga?

Memang tidak seluruhnya para calon mahasiswa yang mengikuti seleksi itu adalah mereka ingin masuk Unila. Ada pula mungkin memilih PTN di luar Lampung. Entah berapa jumlah mereka yang ingin masuk ke Unila. Belum lagi di provinsi/kota lain yang hendak masuk ke Unila pun kita semua tidak mengetahui jumlah pastinya.

Adik-adik, selamat menempuh ujian SNMPTN 2008. Semoga niat dan usaha kalian masuk ke PTN yang diinginkan terwujudkan. Jika belum lulus/diterima masuk PTN yang dikehendaki, janganlah putus asa. Bukan berarti hidup kalian berhenti di sana, tapi masih banyak pilihan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi lain. Saya mendo'akan untuk kalian. Semoga sukses dan tercapai cita-citanya. Amin.

4 comments:

Gadis said...

masa indah saat masa kuliah :)

bayoe said...

buat yang ujian, semoga lulus ya....dan lulus cepet,hehehehe

pissss......kabur ahh....!!!

Brillie said...

postingan lama. update dunk.. sekarang kan udah pengumuman SMPTN :-)


Brillie
luphobia.com | www.movie-holic.net

nunik said...

yang ikut meningkat ya...tapie, persaingan lebih ketat, cuz, sebagian kuota untuk mereka yang mampu bayar lebin tinggi, alias yang ikut ujian mandiri...hm...miris dengernya...unila di jual...!!!