Friday, November 30, 2007

Website D'Cinnamons Sempat di-Hack

Akhir-akhir ini saya suka mendengar lagu-lagu yang dinyanyikan oleh D'Cinnamons dari Winamp komputer. Saya suka musik dari petikan gitar dan suara khas Bona (Vocal dan Lead Guitar). Band yang hanya terdiri dari tiga orang itu berasal dari Bandung. Hampir semua lagu-lagunya saya suka, apalagi lagu "Loving You".

Tak puas mendengar lagu-lagunya, Saya tertarik mencari info-info tentang D'Cinnamons di google. Di beberapa blog umum, ada banyak lirik-lirik lagunya. Bagus-bagus. Sampai saya dapatkan website resmi D'Cinnamons, tiba-tiba Kamis malam itu (29/11) pukul 9:41 PM, saya kaget membuka website-nya di-hack orang (ya jelas orang lah, masa' ada mesin yang bisa hack website sih :P). "Kok tega ya orang ini meng-hack website D'Cinnamons yang jadi favorit saya ini?"gumam saya penasaran.

Pada halaman website utama itu tertulis by CyberRoot, dengan lambang bulan sabit dan bintang. Mirip lambang bendera Turki. Cukup mengagetkan saya. Kata teman saya, sudah biasa sekarang banyak website kena hack. Baru-baru ini saja, website Kementerian Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Malaysia di-hack. Saya baca dari detikcom.

Kembali ke website D'Cinnamons, sebelum di-hack, saya pernah mengunjungi website-nya. Keren. Ada lantunan lagu-lagunya. Desain warna coklat yang khas seperti kopi. Ngomong-ngomong soal kopi, saya senang dengan kopi. Apalagi menikmati kopi Lampung yang khas dan harum. ehm,...nikmat deh diminum saat pagi hari. Loh, kok malah ngga nyambung dengan D'Cinnamons? Ya sudahlah itu hanya intermezo saja. Hehehe...

Saya lihat website D'Cinnamons kembali seperti biasa, Jumat malam (30/11). Untungnya sang admin website D'Cinnamons cepat mengatasi tampilan halaman utama yang di-hack itu. Mudah-mudahan website-nya tidak di-hack lagi. Kalau mau hack, situs-situs pemerintahan Malaysia saja di-hack. Mas Pujiono menulis di blog-nya, "Perang Sudah Dimulai, Sebuah Serangan di Dunia Maya (kembali) Dilancarkan". Mas Pujiono sempat merekam (screenshoot) halaman website Kementerian Kebudayaan Malaysia itu di sini. Tanda-tanda perang di dunia cyber Indonesia-Malaysia sudah terlihat jelas. Ada yang mau turut partisipasi melancarkan peperangan di dunia cyber dengan Malaysia?

12 comments:

Cempluk Story said...

susah juga ya jika banyak orang yang tau ilmu hacking dan mengaplikasikannya bukan pada tempat nya atau merugikan pihak lain..

Eriek said...

@cempluk: ada sisi positif, ada pula sisi negatif dari ilmu tersebut. moral yang baik akan mengarah pada perilaku yang baik pula. atau sebaliknya, moral yang buruk akan mengarah pada perilaku yang jahat dan zalim. wallahu 'alam

Anonymous said...

sama...saya juga pecinta dcinnamons...kerennnnn

Unknown said...

saya jadi inget beberapa waktu yang lalu sempat panik karena tiba-tiba blog saya nggak bisa di buka. orang yang saya hubungi Eriek sama si adek NonaNieke, hahaha

emang siapa saya, sampe ada yang niat ngehack blog saya...

klo soal perang dengan Malaysia di dunia maya, kayanya perlu juga tuh. iseng aja, sekedar pengen membuktikan siapa lebih hebat diantara dua!

Eriek said...

@cewektulen: hehe...lagu favorit kita sama ya :-) tapi, sayangnya belum pernah konser di Lampung nih. kapan ya D'Cinnamons kesini?

@isnuansa: hahaha...masih inget aja lu is. gua juga waktu itu sempat shock, eh...kaget aja dink. kalo shock terlalu ekstrim ya. hehe..
biasanya kalo gak bisa buka karena jaringannya aja lagi error.

ya nih, perang antar Malaysia-Indonesia di dunia cyber. udah banyak web/blog saling menjatuhkan. perang mulut juga kayaknya :D

Nico Wijaya said...

hehe..defacer memang suka banget tuh begitu. malahan yang bener2 hacker, ga mau mah mereka deface2an. bukan levelnya.

Eriek said...

@nico wijaya: ehm,..beda ya antara defacer dengan hacker? tapi, lazimnya bahasa di media massa sering menggunakan kata "hacker" bagi yang (suka) merusak website2 target.

waktu kejadian deface wesbite D'Cinnamons, saya langsung kirim message D'Cinnamons via friendster. ternyata mereka punya friendster selain website :P

Setelah mengirim message D'Cinnamons, beberapa hari kemudian mereka membalas message. isinya seperti:
Hello Eriek,

thx a lot buat msgnya,

sedih banget karena kabar tersebut benar. hik hik... huhuhu... Tapi untungnya gak sampe ancur semuanya karena webmaster kami sudah memasang multiple blanket. sampe saat ini gw sendiri belum bs buka websitenya, tapi kabarnya sudah bisa dibuka lagi normally.
D'C seneng banget untuk kabar nya yang secepat kilat dari temen temen yg sms langsung ke manager tentang masalah ini. Thx a lot!

regards,
dodo
D'Cinnamons
eRiek wrote:
Dear Dcinnamons,


senang aja bisa membantunya. cuma membantu memberitahukan saja :P

Ratie said...

Eh saya juga kemarin sempet buka web malaysia yang di hack ituuuuh,riek! Trus saya bingung, kok tulisannya jadi Malingsia...? Ternyata beneran di hack tho... Baguslah! Sebel juga ni lama2 sama malay... :(

Anonymous said...

Malaysia truely Asia.....yang bener Malaysia truely stealer alias robber, alias rampok budaya bangsa.

hery setyo utomo said...

aku kagum banget ama suaranya dodo,suaranya sungguh bagus banget.keren abiis, moga d'cinnamons tetep jaya

Anonymous said...

Well said.

Anonymous said...

Terima kasih untuk blog yang menarik