Saturday, August 04, 2007

How Addicted to Blogging Are You?

"Wow...cukup tinggi ya!?" gumam saya setelah mencoba mengisi sebuah survei di situs ini. Hasil survei saya setelah menjawab 14 pertanyaan yang ditunjukan, nilai saya yakni 77 persen dalam kecanduan nge-blog. Sebelumnya, secara tidak sengaja saya menemukan survei ini dari blogger tetangga, Bodhi.

Kalau diingat-ingat dari sejarahnya, saya memulai aktivitas blogging pada tahun 2004 lalu. Kemudian, tahun 2005 saya sempat vakum dan berhenti nge-blog. Saya, ketika itu, tidak tertarik meneruskan blogging. Biasanya posting saya berisi kegiatan sehari-hari yang menarik untuk saya tulis ke dalam blog. Atau kadang-kadang ada isu yang menarik di media massa, kemudian saya tulis ke dalam blog.

Nah, kemudian pada tahun 2006 hingga sekarang ini, saya kembali memulai aktivitas blogging setelah hampir setahun tidak diisi. Untungnya, username dan password di Blogspot saya tidak lupa. Ya, jadi tinggal meneruskan saja mengisi dan sesekali membenahi template blog-nya agar sedikit lebih menarik.

Dari aktivitas blogging ini, saya jadi mempunyai 'wadah' untuk menulis secara bebas. Tentu saja saya menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meskipun demikian, kadang-kadang saya merasa masih kurang puas dengan tulisan yang saya buat itu. Mungkin terlihat serius seperti layaknya tulisan di media massa cetak atau online. Tapi, saya tetap konsisten menulis di blog saya ini dengan gaya seperti itu. Kadang-kadang juga ingin menulis dengan gaya orang bertutur/bercakap. Seperti kata "bagaimana" ditulis menjadi "gimana" dan seterusnya masih banyak lagi.

Untuk terus melatih tulisan agar lebih baik lagi, ada sebuah blog Juru-Kabar yang saya nilai bagus. Blog ini berusaha mengumpulkan para jurnalis yang memiliki blog. Kemudian posting-posting mereka dikumpulkan menjadi satu yang up date di blog Juru-Kabar. Menarik sekali. Saya pun ikut tergabung di dalamnya. Hampir setiap blog para jurnalis itu saya intip. Secara saya pelajari gaya tulisan mereka gunakan dalam menulis pada masing-masing blog-nya. Menulis sepertinya telah memberikan arti dalam kehidupan yang terus berjalan hingga saat ini.

13 comments:

Nico Wijaya said...

riek, liat pulpen saya ga?™

Anonymous said...

Ciee masuk juru kabar nih ya?
Salam kenal, Rik.

Eriek said...

@nico wijaya: wah...saya ngga liat co. haha...beli di warung sebelah aja

@ika: hehe...tak sengaja dimasukin dalam blog jurukabar ka. oh ya, salam kenal balik :-)

Herru Suwandi said...

blogwalking mas... by the way, lama juga ya ngeblog dari 2004, saya mah baru mulai, ketinggalan kemana-mana :-(

Cempluk Story said...

daripada kecanduan narkoba lebih baik kecanduan nge blog..tul kan mas ?? di blog juru kabar itu, umum gak bisa join y mas ??

Eriek said...

@herru: ah,...yang lebih lama lagi ada lho. bukan saya aja. hehe...yang penting menulis, menulis, dan menulis di blog :-)

@cempluk: ya betul, daripada mengikuti hal-hal yang buruk, tak ada salahnya nge-blog terus. hehe...oh, jurukabar itu? coba tanya sama mpunya jurukabar. apa bisa gabung di sana atau tidak, saya kurang tahu.

Anonymous said...

ngeblog adalah candu :p

Unknown said...

nyobain juga ah, ngetes seberapa kecanduannyakah diriku, huhu...

Alma said...

asal jangan kecanduannya jadi 100 persen aja, rik!! huakakaka....blogging emang paling enak...

Anonymous said...

wah mayan addicts ya...
tapi smoga nantinya jangan malah bosen ngeblog.. hehehe...

Eriek said...

@rime: yup, sepakat rim. secara saya sendiri nge-blog tak pernah putus. kecuali internetnya putus. hehe....*jangan sampe deh

@isnuansa_maharani: lah...kok hasil tesnya bisa sama (77%)? apa soalnya sama ya? kalau diulang lagi pasti beda :-)

@muthe: kalau menjawabnya sempurna, ya iyalah bisa sampe 100% skornya the. kamu sudah coba belum dan berapa skornya?

fany: mudah-mudahan begitu fan. biasanya kalau sudah terlalu addict terus jadi bosen dan ditinggalkan. saatnya membumikan blog di kalangan masyarakat. hehe...*kampanye blog

Adite said...

hehehehe bang kurangin penggunaan kata "secara" yang gak tepat artinya ya :P

Idrus Fhadli said...

jadi penasaran...
cobain juga ah...