Saturday, April 28, 2007

Belajar Buat Blog

"Kak, kapan kita belajar buat blog lagi?" kata Lili, reporter magang Teknokra kepada saya suatu hari. Saya hanya bilang, "Kapan saja Kamu mau belajar. Terserah waktunya aja,"ujar saya.

Seperti juga Dewi, teman satu angkatan Lili di Teknokra, juga pernah menanyakan kepada saya tentang IHT (In House Trainning) cara membuat Blog untuk mereka. Sebenarnya, saya senang sekali bisa membantu membimbing mereka. Lagi pula, mereka senang ketika saya mengenalkan ada sarana untuk menuangkan ide-ide di pikiran yang kemudian dapat dituliskan, lalu dibaca semua orang yang mengakses internet.

Menunggu cukup lama dari mereka berdua ingin belajar membuat blog tak kunjung tiba. Selain sibuk kuliah, mungkin mereka sedang tengah menyiapkan kepanitiaan acara "Rally Photo" yang diadakan Teknokra. Saya harus maklum dengan yang satu ini.

Terkadang mengenang diri sendiri, senang sakali kalau diberi kesempatan berbagi ilmu yang pernah saya dapatkan, terutama kepada magang Teknokra. Tidak saja sekedar memberikan /mengajari ilmu jurnalistik, tapi membimbing mereka membuat Blog suatu kali. Mereka bisa menuliskan dari cerita sehari-harinya itu, lalu dipraktekkan dengan gaya narasi (bertutur, red). Saya pun senang menggunakan gaya ini di hampir setiap tulisan Blog saya. Saya hanya berharap, mudah-mudahan keinginan belajar Blog, juga akan meningkat kemampuan menulis, terutama di Blog mereka masing-masing.

Berbagi ilmu dan pengalaman, tentu buat saya senang sekali. Rasanya seperti bertambah kembali apa yang pernah saya pelajari sebelumnya. Intinya, saya ingin berbagi cerita kepada mereka dan memotivasi agar dapat mengeluarkan ide-ide pemikirannya ke dalam tulisan (Blog).

8 comments:

Aryo Anantoro said...

Sekarang ini banyak banget blog yang membuat kita bertambah ilmunya. Kadang pandangan orang tentang blog hanya sebagai "media narsis" saja. Padahal blog jauh lebih bermanfaat dari itu. ;)

Salam kenal! :)

Anonymous said...

yup, betul. terutama sebagai media belajar tulis menulis, belum lagi baca blog orang lain, kadang kita dapat manfaatnya. pendeknya mah, apa yang tadinya kita tidak tahu, sekarang jadi tahu deh.. :)

Unknown said...

jadi pengen belajar bikin blog sama eriek, hehe..
gw belajar bikin blog dari sesama blogger. awalnya nggak tahu sama sekali. bener juga sih, gw juga seneng dengan gaya narasi, tapi kayaknya perbendaharaan kata gw nggak begitu luas, jadi suka mati ide di tengah-tengah nulis. tapi kadang juga males kalo ceritanya terlalu panjang --dan ngebosenin buat dibaca--. salam kenal, mampir check blog gw ya :)

Eriek said...

aryo, ule, dan maharani, saya sejak tahun 2004 sudah mengenal blogger. waktu itu pun masih perlu banyak belajar bagaimana caranya selain berupaya menulis yang bagus, juga paham dengan kode-kode tata letak di blog yang kita buat.

Sayangnya, selama tahun 2005, saya terhenti beraktivitas blog. Saya lupa persisnya kenapa terhenti waktu itu. Mungkin lebih fokus di dunia media lainnya. Hehe...tetap semangat bagi blogger pemula. Saya masih ingin belajar kok :)

Unknown said...

Hi... walking-walking nich! Hehe.. :D thank's for being my friend. Caww...

blognya koq jarang di update sich?

Dinda said...

Haii...salam kenal y...
Aq sh seneng bkin blog...tp bysa ny cm awalnya ja...lama2 bngung ap yg mu d posting...jd dtingalin gt aj dh...hehehehe....

Dinda said...

Haii...salam kenal y...
Aq sh seneng bkin blog...tp bysa ny cm awalnya ja...lama2 bngung ap yg mu d posting...jd dtingalin gt aj dh...hehehehe....

Download Ebook Gratis said...

mantab bro infonya, thx ya :)